Oleh / Membuat Website

Cara Membuat Website Sendiri: Penjelasan dari Nol

Cara membuat website sendiri ini saya sediakan bagi anda yang sangat awam terhadap pembuatan website. Jika anda ingin belajar bagaimana cara membuat website, maka artikel ini cocok bagi anda. Jadi level tutorial ini bagi pemula banget, tidak untuk anda yang sudah faham dengan tata cara pembuatan website.

Mungkin anda bingung untuk mengatahui cara membuat website sendiri dan itu adalah hal yang lumrah, karena anda baru akan memulai untuk mempelajarinya. Disini saya akan memberikan materi yang semoga sangat mudah untuk dimengerti. Pertama anda harus tahu terlebih dahulu apa yang akan anda buat, yaitu suatu website. Penjelasan di bawah ini bisa dipraktekkan pada cara membuat website dengan HTML atau pun dengan menggunakan Platform CMS.

Pertanyaan: Apa Website itu Sendiri?

Website adalah suatu koleksi beberapa halaman yang didalamnya terdapat konten multimedia (text, gambar, audio dll) yang di identikkan dengan sebuah nama domain dan dipublikasikan melalui web server. Sebuah website dapat di akses melalui IP (internet protokol) network seperti internet, Local area network (LAN) yang direferensikan oleh sebuah URL (uniform resource locator).

Nah penjelasan singkat dari definisi website di atas adalah, jika anda ingin mempublikasikan sebuah text, gambar atau konten multimedia lain di internet maka anda memerlukan website. Konten multimedia tersebut harus disimpan dalam suatu server untuk dapat diakses oleh publik. Lalu Web Server akan membantu atau menjembatani konten multimedia agar bisa diakses oleh user dan ditampilkan pada browser. Web server adalah sistem komputer yang memproses permintaan melalui HTTP.

Jika anda masih bingung dengan definisi dan pengertian pendukung-pendukung website, anda bisa mempelajarinya lebih lanjut di sini. Semoga penjelasan singkat di atas dapat membantu anda untuk menggambarkan apa itu sebuah website.

Sekarang kita akan lanjut ke tahap berikutnya yaitu poin-poin untuk membuat website sendiri. Di Bawah ini akan saya bahas bagaimana langkah awal untuk memulai membuat website dari awal.

Yang diperlukan oleh anda untuk membuat website sendiri, saya bagi pada 3 bagian. Pada masing-masing bagian nanti akan saya jabarkan lebih luas. Berikut adalah poin-poin yang harus anda ketahui:

  1. Server
  2. Content Management System (CMS)
  3. Domain

Memilih Server untuk Membuat Website Sendiri

Server adalah sebuah perangkat komputer yang didesain untuk memproses permintaan dan menyampaikan data ke komputer lain melalui Internet atau Local Network. Disini server berfungsi untuk menyimpan data-data website anda untuk ditampilkan ke publik. Lalu data apa saja yang disimpan diserver? Semua data. Yup semua data yang berkepentingan dengan website anda akan disimpan di sebuah server yang selanjutnya agar bisa diakses atau ditampilkan melalui internet.

Untuk memilih server yang tepat untuk kebutuhan suatu website, perlu berhati-hati dan anda harus sangat teliti dengan kemampuan server tersebut. Karena ada banyak server yang harus anda pilih. Secara gampang, memilih server ini hampir sama dengan anda memilih untuk merakit sebuah komputer. Semakin spek komputer itu tinggi, maka komputer tersebut bisa mengakses sangat cepat, begitu pula server. Semakin spek sebuah server yang ditawarkan itu semakin tinggi, maka akan semakin mahal.

Bagi anda yang pemula, sudah banyak penyedia server dengan penawaran paket murah yang bisa di bayar per bulan atau pun per tahun. Jadi, jika anda baru memulai untuk membangun sebuah website maka server yang cocok adalah server dengan spek yang sederhana saja. Kecuali jika nanti website anda sudah banyak pengunjung dan ada penambahan data-data yang sekiranya hardisk server tidak memungkinkan, maka ada baiknya untuk melihat-lihat server dengan kualitas di atasnya.

Jadi inti dari penjelasan saya di atas, bagaimana anda memilih server adalah tergantung dari tujuan website itu sendiri. Selanjutnya anda juga bisa belajar secara bertahap mengenai kinerja server terhadap website anda. Misalnya, jika anda sudah mempunyai sebuah website online dengan server tertentu, anda harus rajin-rajin melakukan pengecekan pada server untuk mengetahui apakah server yang anda pakai masih stabil atau malah tidak kuat untuk menampung data dan request-request lain.

Memilih CMS untuk Membuat Website Sendiri

Content Management System atau biasa disingkat dengan CMS adalah sebuah perangkat lunak atau software yang digunakan untuk manambahkan atau merubah isi dari sebuah website. CMS mempunyai sistem informasi yang berorentasi pada konten. CMS sekarang ini sudah memiliki fitur-fitur canggih yang bisa anda nikmati. Ada banyak Content Managemen System yang bisa anda gunakan, berikut di bawah ini adalah contoh CMS yang biasa digunakan untuk memulai pembuatan website.

Berikut saya kelompokkan hanya 4 CMS yang rata-rata sudah banyak penggunanya.

  • WordPress
  • Drupal
  • Joomla
  • Blogger
Statistik Content Management System

Gambar oleh https://trends.builtwith.com/cms

WordPress CMS

Dari data statistik di atas, WordPress memang merajai content management system hingga saat ini. Kenapa WordPress begitu banyak digemari oleh para mereka pembuat website? Selain fitur yang memang sudah mumpuni dan gampang untuk dipejalari, WordPress merupakan CMS gratis baik dari wordpress.com maumpun wordpress.org.

Di sini saya hanya akan menyinggun CMS WordPress dan sedikir CMS Blogger, karena saya sendiri lebih familiar dengan Wordress itu sendiri.

Apa Perbedeaan antara WordPress.com dan WordPress.org?

Pada dasarnya WordPress.com (Hosted) adalah layanan CMS dengan fitur gratis, anda hanya perlu mendaftarkan diri pada wordpress.com, pilih nama domain dan mulailah membuat website dengan wordpress.com. Dalam wordpress.com anda tidak perlu membayar untuk hosting atau server, karena itu layanan gratis dari wordpress. Ada banyak theme dan plugin yang bisa anda gunakan untuk keperluan website anda. Selain itu dalam wordpress.com juga ada penawaran premium seperti halnya theme, plugin, hosting dan pembelian domain custom yang tentunya sangat mahal.

Berbeda dengan Wordrepss.org (Non-hosted), wordpress.org adalah CMS Open Source yang berdiri sendiri. Artinya untuk menggunakan CMS tersebut anda harus menyiapkan sebuah hosting ata server. Pada wordrepss.org, anda bisa sesuka anda untuk melakukan custom pada script CMS ini tanpa batas, tentu hal ini berbeda dengan layanan CMS wordpress.com yang tentunya ada banyak sekali batasan-batasannya.

Dalam hal ini, Wordrpess.org akan menjadi rujukan dari saya untuk cara membuat website sendiri. Anda hanya perlu menyediakan server dan domain untuk memulai menggunakan wordpress.org. Dalam wordpress.org anda juga akan banyak menemukan themes dan plugin dari pihak ketiga yang bisa anda pakai sesuai dengan keperluan website anda sendiri. Untuk memulai pembuatan website sendiri menggunakan wordpress ini, anda bisa mendownloadnya di sini. Selanjutnya anda bisa baca sendiri mengenai fitur-fitur lainnya yang dimiliki oleh wordpress.org.

Blogger CMS

Sedikit akan saya singgung di sini mengenai Blogger. Blogger adalah layanan CMS gratis yang diberikan oleh Google, ini sama halnya dengan wordpress.com di atas. Anda hanya cukup mendaftarkan diri dan pilih nama domain lalu tinggal posting artikel dan data-data untuk kebutuhan website anda.

Untuk saya pribadi, CMS Blogger ini lebih cocok untuk Blog bukan Website. Anda juga harus faham mengenai perbedaan blog dan website.

Memilih Nama Domain untuk Membuat Website Sendiri

Memilih nama domain dalam hal cara membuat website sendiri ini sangat penting, karena ini adalah brand anda. Jika anda akan membuat website sendiri tentang “travel” misalnya, maka saya menyarankan pada nama domain ini mempunyai nama “travel”. Contohnya “travelindonesia”. Hal ini tentu sesuka anda saja, saya tidak bisa memaksa dalam pemilihan nama domain. Ada banyak ektensi domain saat ini yang bertebaran, namun umumnya yang marak dipakai adalah .com, .net, .org, .info, .co.id, .id dan lain sebagainya.

Memilih Ektensi Domain

Masing-masing ekstensi domain mempunyai fungsi masing-masing. Jadi tidak asal membeli ekstensi ya. Misalnya .com ini adalah ekstensi umum yang dipakai oleh para Internet Marketer, ekstensi .com bisa dimasukkan ke dalam semua bidang informasi website. Berbeda dengan yang lainnya misalnya .org, ekstensi ini dikhususkan untuk website organisasi. Ekstensi .co.id di khususkan untuk website yang keberadaan bisnis atau informasinya berada di Indonesia. Anda bisa ketahui fungsi masing ekstensi tersebut di berbagai provider domain.

Rangkuman Cara Membuat Website Sendiri

Dari artikel panjang lebar di atas, maka untuk cara membuat website sendiri dapat saya simpulkan sebagai berikut:

1. Pemilihan server sesuai dengan kebutuhan website anda dengan spesifikasi hardware yang cukup.
2. Pemilihan CMS berdasarkan pada support atau layanan pendukung. Support untuk wordpress banyak sekali bertebaran yang bisa anda temukan jika anda mempunyai permasalahan pada suatu script.
3. Pemilihan nama domain yang sesuai dengan bisnis atau informasi yang akan anda sajikan pada website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *